Web Hosting Control Panel Skip to main content

Translate

Web Hosting Control Panel

Mungkin sudah banyak yang mengetahui apa itu di cpanel, atau silahkan baca di mater sebelumnya menenai cPanel. CPanel menggunakan 3 tingkat struktur untuk memberikan fungsi administrator, agen, dan pemilik situs web untuk mengatur berbagai macam aspek dari situs web dan administrasi server melalui sebuah penjelajah web standar. Selain memberikan Panduan User Interface untuk memudahkan pengguna, cPanel juga dilengkapi dengan perintah dalam teks dan berdasarkan API agar vendor perangkat lunak pihak ketiga, organisasi web hosting dan pengembang untuk automasi sistem standar proses administrasinya.

Berikut ini fitur dan fungsi di dalam cPanel hosting sebagai berikut:

  1. Spam, berfungsi untuk menyaring email secara otomatis.
  2. BoxTrapper. Inbox email dari serangan spam dengan semua pengirim terverifikasi pada daftar Whitelist.
  3. Subdomain. Bikin subdomain sama seperti membuat sub-subdirektori di server kita.
  4. Addon Domain, 1 hosting umumnya hanya bisa dipakai satu domain saja. Namun dengan Addon Domain, kita bisa menambahkan beberapa domain. 2 Domain yang kita tambahkan akan menciptakan satu direktori sendiri. Dia dia memiliki ruang sendiri.
  5. Domain terparkir Domain yang diparkir agar menampilkan domain utama.
  6. Redirect mengarahkan sebuah halaman tertentu ke halaman lainnya untuk URL shortener.
  7. Editor Zona DNS Editor Zona DNS Kita bisa setting sendiri A record dan CNAME dari domain kita untuk berbagai keperluan. Misalnya Google Apps, dan redirect domain ke Blogspot.
  8. Entri MX Fitur yang diperlukan untuk mengaktifkan Google Apps. Cara kerja dengan mengubah jalur berkirim-terima email kamu.
  9. Manajer SSL / TLS. Anda bisa menghasilkan kunci yang diperlukan untuk mengaktifkan protokol HTTPS terhadap website anda. Sebelumnya, anda harus membeli sertifikat SSL dulu pada provider kepercayaan anda. Butuh SSL Goo.gl/lJYM9c
  10. IP Deny Manager Fitur ini memungkinkan kita untuk blok alamat IP yang jahat terhadap situs kita.
  11. Virus Scanner.untuk scan virus yangg ada di hosting & menanggulangi adanya badware yang mungkin menumpang saat kita mengunggah data.
  12. Perlindungan Hotlinking. Kita bisa menghindari pencurian bandwidth karena orang lain banyak copy paste artikel dari website kita.
  13. Direktori Melindungi Kata Sandi Dengan fitur ini, kita bisa memberi entri password tambahan pd sebuah folder.
  14. Lintah Lindungi. Membri dasar password tambhan kepad direktori. Namun, ia akan memblkir IP jika salah sekian kali (sesuai settiing).
  15. Pengatur file Tau fungsi Windows Explorer pada Sistem Operasi Windows kan ?. File Manger memilki fungsi yang sama, untuk mengtur direktori & file kita.
  16. Disk Space Usage, Fitur ini menyediakan cara tercepat untuk melihat ruang disk yang dipakai tiap folder.
  17. Bandwidth. Untuk melihat penggunaan bandwidth dari situs. Mencakup semua aktivitas baik HTTP (web), POP (mail), hingga FTP.
  18. Backups, dengan fitur backup situs kamu bisa bebas dari kejahatan cyber, karena kamu tinggal mengembalikan ke backup paling segar, Pindah hosting juga bisa kamu lakukan sewaktu-waktu kamu punya cadangan
  19. Ganti Password, untuk ganti password cPanel. Hal ini harus rutin dilakukan untuk menghindari resiko penyadapan.
  20. FTP Accounts, dengan fitur ini bisa buat akun FTP & membtasi ruang garknya, agr dpt mengunggah / mengunduh data dari dirktori tertentu. Untuk FTP sendiri, anda membutuhkan program pihak ketiga seperti FileZilla, CuteFTP, dlsb.
  21. FTP Session Control, kamu bisa menggunakan ini untuk melihat yang login melalui FTP ke situs kamu / sesi session FTP tanpa ijin ke situs.
  22. Database MySQL Dengan fitur ini, bisa membuat databse, user, & pengaturan hak akses dari setiap pengguna. Tipe data yang disupport adalah MySQL.
  23. PhpMyAdmin Jka fitur database MySQL membangun database, maka fitur phpMyAdmin berfungsi untuk mengedit database tabel.
  24. Remote MySQL, Di sini, kita bisa akses databse tanpa login ke cPanel. Pertama kita whtelist dulu IP komputer kita melalui fitur Rmote MySQL, maka kita bisa memanfaatkan program pihak ketiga seperti HeidiSQL, Navicat, tools MySQL GUI, dan sejenisnya untuk remote.
  25. Webmail, Di sini, anda bisa login ke akun email anda untuk mengakses email dari komputer manapun, Fitur ini melengkapi fasilitas webmail untuk cek pesan masuk ke Inbox email kita. Kita juga bisa menggunakan Outlook Express.atau kamu bisa login degan mengkses login ke domain kita sendiri misal mudramilham.com:2096.
  26. Email Trace. Kamu bisa melacak pengirimn email dari akun kamu Kamu bisa melihat keseluruhannya, termsuk pesan sudah sampai / masih masuk ke queue server.
  27. Auto Responder, untuk pesan pesan secara otomatis kepad yang mengirim pesan ke alamat email kamu. Bisa sangat berguna saat liburan
  28. Forwarders, untuk mengirim email yang sudah diterima menjadi alamat almat lainnya sehingga anda tidak perlu melakukan.
  29. Tugas Cron Adalah script yang bisa dijalankan secara otomatis dalam server kita. Kita sudah fasilitas fasilitas cronjob ini untuk keperluan auto update or backup.
  30. Softaculus adalah alat yang berisi kumpulan aplikasi web populer yang diintegrasikan ke cPanel.Fantstico memungkinkan instalasi otomatis (auto-installer) aplikasi open source dan CMS. Webmaster yang ingin melakukan instalasi aplikasi open source atau cms harus membuat database dan upload file ke server, namun dengan menggunakan Fantastico, webmaster tidak perlu melakukan hal tersebut karena semaunya telah dilakukan melalui Fantastico sehingga menghemat waktu.
Jika hosting anda sudah menggunakan tekhnologi linux, maka akan ada beberapa fitur tambahan seperti :
  1. Pilih Versi PHP, tool ini sangat berguna karena kita bisa milih versi berapa yang kita gunakan, tanpa harus versi php yang pasti penyedia layanan hosting
  2. Resource Usage, kelebihan dari cloudlinux sendiri resourcenya sudah dibagi-bagi peraccount, nah buat penggunaan sumber daya kita di cpanel cloudlinux ini ada fitur Resource Usagenya
  3. Penggunaan Resource Saat Ini, disini bisa dilihat menggunakan proses, ram dll website kita di hosting, fitur ini ada di sidebar (sebelah kiri)

Comments

Popular posts from this blog

Tiga Langkah Memperbaiki Kesalahan Perayapan 404

Saat mengakses Google Webmaster Tools, ditemukan report kesalahan perayapan seperti gambar di bawah Hal ini terjadi karena memang url tersebut saya hapus, namun secara penelusuran google url tersebut sepertinya masih terindex. Langkah yang saya ambil untuk memperbaiki hal ini adalah : Hapus url tersebut dengan menggunakan tools webmaster   Kemudian masuk lagi ke halaman kesalahan perayapan -> Centang URL yang menyebabkan keteranagn 404 muncul kemudian pilih tandai sebagai telah diperbaik seperti gambar di bawah  Selanjutnya render ulang di menu ambil sebagai google, karena yang bermasalah adalah tampilan ponsel cerdas, maka pilih menu tersebut untuk di render ulang seperti gambar di bawah Demikianlah 3 langkah yang saya ambil untuk memperbaiki eror 404 kesalahan perayapan. Semoga bermanfaat.

CPanel

CPanel adalah web hosting panel kontrol yang paling populer di dunia. Fasilitas ini memudahkan pemilik akun hosting untuk mengatur seluruh fasilitas web hosting yang dimilikinya. Melalui cPanel, Anda dapat mengatur berbagai fasilitas hosting, seperti : Mengelola e-mail Mengupload website Membuat dan mengupload database Lihat statistik website  Cara Login Ke CPanel Pada browser, silahkan ketikkan: http: // [NamaDomainAnda] / cpanel. Jika Anda tidak berhasil mengakses dengan alamat tersebut, silahkan coba dengan alamat: http: // cpanel. [NamaDomainAnda]. Gantikan [namaDomainAnda] dengan nama domain milik anda. Contoh : Jika nama domain Anda adalah mudramilham.com, maka alamat cPanel Anda adalah http://mudramilham.com/cpanel atau http://cpanel.mudramilham.com.  Masukkan username dan password yang ada pada e-mail Aktivasi Cara Login ke cPanel jika Nameserver Domain belum Mengarah Jika memesan hosting anda adalah menggunakan domain transfer atau order hosting saja,

Mengajukan Permohonan Akun Adsense

Hari ini Jum'at, 7 Juli 2017 saya mengajukan permohonan pengaktifan akun google adsense . Setelah mengajukan permohonan di bagian istilah dan persetujuan ada hal yang saya garis bawahi pertama kali adalah tentang prinsip perangkat lunak . Prinsip perangkat lunak ini menjelaskan kita tentang :  Prinsip Perangkat Lunak Menurut Google Sebagai penyedia layanan online google sangat prihatin dan menaruh perhatian khusus atas kecurangan-kecurangan perangkat lunak yang dibuat untuk melakukan kecurangan-kecurangan. Perilaku ini semakin hari bukannya membaik, malah semakin buruk. Seharusnya prinsip perangkat lunak harus jelas : Tidak bersifat otomatis auto install : proses installasi perangkat lunak ke pc atau laptop kita harus sepengetahuan dan seijin pemilik. Software tidak boleh auto install tanpa sepengetahuan pemilik. Pemilik berhak menolak proses installasi atau menerima proses installasi, artinya perangkat lunak hanya boleh terpasang setelah ada ijin dari pemilik perangkat ke