Mengenal Istilah-istilah di Adsense Skip to main content

Translate

Mengenal Istilah-istilah di Adsense

Banyak sekali istilah-istilah di adsense, agar bisa memahami istilah tersebut, saya coba menjelaskan beberapa istilah yang sering saya baca, antara lain :

Page View

Page view adalah jumlah yang menunjukan berapa kali halaman yang mengandung kode unit iklan ditampilkan oleh pengunjung web. Nilainya tidak dipengaruhi oleh jumlah iklan yang kita letakan pada halaman tersebut. Jika iklan yang kita letakan pada halaman yang ditampilkan 3 buah unit iklan, kemudian halaman tersebut tampil sebanyak 10 kali, maka page view nya tetap saja 10.

Clicks

Untuk mendefinisikan klik yang berkaitan dengan unit iklan adsense adalah bahwa klik disini mengandung arti akumulasi jumlah klik yang diperoleh oleh setiap unit iklan adsense yang kita pasang.

CPC (Cost Per Click)

CPC adalah istilah yang sering kita dengar dalam google adsense, pengertiannya adalah biaya yang ditawarkan oleh pemasang iklan untuk tiap klik iklannya. Setiap kali iklan adsense tersebut di klik, maka penghasilan yang akan kita dapatkan sejumlah nilai CPC untuk iklan tersebut.

Google sangat merahasiakan nilai CPC untuk setiap iklannya, hanya advertiser dan pihak google adsense saja yang lebih tau mengenai nilai CPC untuk tiap unit iklannya, namun untuk saat ini ada tool yang bisa kita gunakan untuk memprediksi nilai CPC, nilai CPC untuk tiap unit iklan berbeda satu sama lain tergantung dari kata kunci tertentu, salah satu tool yang sangat recomended untuk menemukan kata kunci yang memiliki nilai CPC tinggi atau lebih dikenal dengan istilah high paying keyword adalah SEMRush.

CTR (Click throught rate)

CTR adalah perbandingan dalam bentuk prosentasi untuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unik iklan adsense yang tampil. Jika iklan tampil sebanyak 100, kemudian iklan tersebut mendapatkan 1 kali klik, maka nilai CTR nya adalah : (1/100)x100%=1%. Jadi CTR yang didapat dari iklan yang tayang sebanyak 100 kali dan di klik 1 kali memiliki nilai 1%.

RPM (Revenue Per Thousand Impression)

RPM adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman/1000 yang di dapatkan dari iklan-iklanya. Contoh : publisher mendapatkan 100.000 rupiah dari 200.000 impresi akan memiliki CPM sebanyak : 100000/(200000/1000)=2000.

Estimated Earning

Estimated earning adalah perkiraan jumlah penghasilan yang kita peroleh dari iklan yang kita pasang. Nilai estimated earning adalah hasil kali antara jumlah klik dengan CPC, semakin besar CPC maka akan semakin besar pula estimated earning yang akan kita dapat.


Comments

Popular posts from this blog

Tiga Langkah Memperbaiki Kesalahan Perayapan 404

Saat mengakses Google Webmaster Tools, ditemukan report kesalahan perayapan seperti gambar di bawah Hal ini terjadi karena memang url tersebut saya hapus, namun secara penelusuran google url tersebut sepertinya masih terindex. Langkah yang saya ambil untuk memperbaiki hal ini adalah : Hapus url tersebut dengan menggunakan tools webmaster   Kemudian masuk lagi ke halaman kesalahan perayapan -> Centang URL yang menyebabkan keteranagn 404 muncul kemudian pilih tandai sebagai telah diperbaik seperti gambar di bawah  Selanjutnya render ulang di menu ambil sebagai google, karena yang bermasalah adalah tampilan ponsel cerdas, maka pilih menu tersebut untuk di render ulang seperti gambar di bawah Demikianlah 3 langkah yang saya ambil untuk memperbaiki eror 404 kesalahan perayapan. Semoga bermanfaat.

Mengajukan Permohonan Akun Adsense

Hari ini Jum'at, 7 Juli 2017 saya mengajukan permohonan pengaktifan akun google adsense . Setelah mengajukan permohonan di bagian istilah dan persetujuan ada hal yang saya garis bawahi pertama kali adalah tentang prinsip perangkat lunak . Prinsip perangkat lunak ini menjelaskan kita tentang :  Prinsip Perangkat Lunak Menurut Google Sebagai penyedia layanan online google sangat prihatin dan menaruh perhatian khusus atas kecurangan-kecurangan perangkat lunak yang dibuat untuk melakukan kecurangan-kecurangan. Perilaku ini semakin hari bukannya membaik, malah semakin buruk. Seharusnya prinsip perangkat lunak harus jelas : Tidak bersifat otomatis auto install : proses installasi perangkat lunak ke pc atau laptop kita harus sepengetahuan dan seijin pemilik. Software tidak boleh auto install tanpa sepengetahuan pemilik. Pemilik berhak menolak proses installasi atau menerima proses installasi, artinya perangkat lunak hanya boleh terpasang setelah ada ijin dari pemilik perangkat ke

CPanel

CPanel adalah web hosting panel kontrol yang paling populer di dunia. Fasilitas ini memudahkan pemilik akun hosting untuk mengatur seluruh fasilitas web hosting yang dimilikinya. Melalui cPanel, Anda dapat mengatur berbagai fasilitas hosting, seperti : Mengelola e-mail Mengupload website Membuat dan mengupload database Lihat statistik website  Cara Login Ke CPanel Pada browser, silahkan ketikkan: http: // [NamaDomainAnda] / cpanel. Jika Anda tidak berhasil mengakses dengan alamat tersebut, silahkan coba dengan alamat: http: // cpanel. [NamaDomainAnda]. Gantikan [namaDomainAnda] dengan nama domain milik anda. Contoh : Jika nama domain Anda adalah mudramilham.com, maka alamat cPanel Anda adalah http://mudramilham.com/cpanel atau http://cpanel.mudramilham.com.  Masukkan username dan password yang ada pada e-mail Aktivasi Cara Login ke cPanel jika Nameserver Domain belum Mengarah Jika memesan hosting anda adalah menggunakan domain transfer atau order hosting saja,