Mengenal Istilah-istilah di Adsense Skip to main content

Translate

Mengenal Istilah-istilah di Adsense

Banyak sekali istilah-istilah di adsense, agar bisa memahami istilah tersebut, saya coba menjelaskan beberapa istilah yang sering saya baca, antara lain :

Page View

Page view adalah jumlah yang menunjukan berapa kali halaman yang mengandung kode unit iklan ditampilkan oleh pengunjung web. Nilainya tidak dipengaruhi oleh jumlah iklan yang kita letakan pada halaman tersebut. Jika iklan yang kita letakan pada halaman yang ditampilkan 3 buah unit iklan, kemudian halaman tersebut tampil sebanyak 10 kali, maka page view nya tetap saja 10.

Clicks

Untuk mendefinisikan klik yang berkaitan dengan unit iklan adsense adalah bahwa klik disini mengandung arti akumulasi jumlah klik yang diperoleh oleh setiap unit iklan adsense yang kita pasang.

CPC (Cost Per Click)

CPC adalah istilah yang sering kita dengar dalam google adsense, pengertiannya adalah biaya yang ditawarkan oleh pemasang iklan untuk tiap klik iklannya. Setiap kali iklan adsense tersebut di klik, maka penghasilan yang akan kita dapatkan sejumlah nilai CPC untuk iklan tersebut.

Google sangat merahasiakan nilai CPC untuk setiap iklannya, hanya advertiser dan pihak google adsense saja yang lebih tau mengenai nilai CPC untuk tiap unit iklannya, namun untuk saat ini ada tool yang bisa kita gunakan untuk memprediksi nilai CPC, nilai CPC untuk tiap unit iklan berbeda satu sama lain tergantung dari kata kunci tertentu, salah satu tool yang sangat recomended untuk menemukan kata kunci yang memiliki nilai CPC tinggi atau lebih dikenal dengan istilah high paying keyword adalah SEMRush.

CTR (Click throught rate)

CTR adalah perbandingan dalam bentuk prosentasi untuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unik iklan adsense yang tampil. Jika iklan tampil sebanyak 100, kemudian iklan tersebut mendapatkan 1 kali klik, maka nilai CTR nya adalah : (1/100)x100%=1%. Jadi CTR yang didapat dari iklan yang tayang sebanyak 100 kali dan di klik 1 kali memiliki nilai 1%.

RPM (Revenue Per Thousand Impression)

RPM adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman/1000 yang di dapatkan dari iklan-iklanya. Contoh : publisher mendapatkan 100.000 rupiah dari 200.000 impresi akan memiliki CPM sebanyak : 100000/(200000/1000)=2000.

Estimated Earning

Estimated earning adalah perkiraan jumlah penghasilan yang kita peroleh dari iklan yang kita pasang. Nilai estimated earning adalah hasil kali antara jumlah klik dengan CPC, semakin besar CPC maka akan semakin besar pula estimated earning yang akan kita dapat.


Comments

Popular posts from this blog

Apa itu SEMRush

SEMRush adalah alat pemasaran mesin pencari kedudukan yang bertujuan untuk membantu blogger dan pemasar dari semua tingkatan. Anda juga dapat memeriksa lalu lintas pesaing anda menggunakan alat ini. SEMRush tidak hanya bermanfaat untuk penelitian koompetisi keyword tetapi juga gambaran luas tentang penelitian organik, posisi pencarian, backlink dan penelitian iklan. SEMRush adalah salah satu alat terbaik untuk SEO yang direkomendasikan ahli SEO. Menggunakan SEMRush untuk analisis pesaing Salah satu alasan utama kebanyakan blogger menggunakan SEMRush adalah untuk melakukan penelitian pesaing. pesaing Anda sudah memata-matai Anda jika Anda melakukan dengan baik untuk beberapa kata kunci di Google. Sekarang saatnya bagi Anda untuk memata-matai mereka juga! Jika Anda ingin menemukan yang terbaik kata kunci berkinerja yang mendorong sebagian besar lalu lintas pencarian ke situs web pesaing Anda, gunakan SEMRush. analisis pesaing adalah faktor keberhasilan terbesar yang membuat per...

Balasan Googgle Adsense atas Permohonan Aktifasi Akun Adsense

Tidak butuh waktu lama, hari ini juga jum'at, 7 Juli 2017, saya mendapatkan email balasan mengenai approval akun adsense. artinya permohonan saya di tolak karena konten tidak memadai. Sempat berfikir untuk berhenti saja, tapi sayang juga he...he... Saya putuskan untuk lanjut mempelajari adsense. Yang saya lakukan adalah cek apa itu "KONTEN TIDAK MEMADAI" Ada 2 masalah umum yang di jelaskan jika permohonan adsense di tolak : Ada masalah dengan konten di situs saya, Saya memiliki 2 akun adsense. Untuk point ke 2 jelas sementara ini saya hanya memiliki akun google ini yang saya daftarkan ke adsense, berarti kemungkinan terbesar permohonan saya di tolak adalah ada di point ke 1. Ada masalah dengan isi konten di situs saya. Ada masalah dengan konten situs  Setelah saya pelajari, konten situs harus banyak dan berbobot sehingga menarik pembaca untuk membaca. Sangat tidak disarankan bagi penayang mengajukan permohonan jika : Situs di anggap memiliki kon...

CPanel

CPanel adalah web hosting panel kontrol yang paling populer di dunia. Fasilitas ini memudahkan pemilik akun hosting untuk mengatur seluruh fasilitas web hosting yang dimilikinya. Melalui cPanel, Anda dapat mengatur berbagai fasilitas hosting, seperti : Mengelola e-mail Mengupload website Membuat dan mengupload database Lihat statistik website  Cara Login Ke CPanel Pada browser, silahkan ketikkan: http: // [NamaDomainAnda] / cpanel. Jika Anda tidak berhasil mengakses dengan alamat tersebut, silahkan coba dengan alamat: http: // cpanel. [NamaDomainAnda]. Gantikan [namaDomainAnda] dengan nama domain milik anda. Contoh : Jika nama domain Anda adalah mudramilham.com, maka alamat cPanel Anda adalah http://mudramilham.com/cpanel atau http://cpanel.mudramilham.com.  Masukkan username dan password yang ada pada e-mail Aktivasi Cara Login ke cPanel jika Nameserver Domain belum Mengarah Jika memesan hosting anda adalah menggunakan domain transfer atau order hosti...