Banyak sekali istilah-istilah di adsense, agar bisa memahami istilah tersebut, saya coba menjelaskan beberapa istilah yang sering saya baca, antara lain :
Page View
Page view adalah jumlah yang menunjukan berapa kali halaman yang mengandung kode unit iklan ditampilkan oleh pengunjung web. Nilainya tidak dipengaruhi oleh jumlah iklan yang kita letakan pada halaman tersebut. Jika iklan yang kita letakan pada halaman yang ditampilkan 3 buah unit iklan, kemudian halaman tersebut tampil sebanyak 10 kali, maka page view nya tetap saja 10.
Clicks
Untuk mendefinisikan klik yang berkaitan dengan unit iklan adsense adalah bahwa klik disini mengandung arti akumulasi jumlah klik yang diperoleh oleh setiap unit iklan adsense yang kita pasang.
CPC (Cost Per Click)
CPC adalah istilah yang sering kita dengar dalam google adsense, pengertiannya adalah biaya yang ditawarkan oleh pemasang iklan untuk tiap klik iklannya. Setiap kali iklan adsense tersebut di klik, maka penghasilan yang akan kita dapatkan sejumlah nilai CPC untuk iklan tersebut.
Google sangat merahasiakan nilai CPC untuk setiap iklannya, hanya advertiser dan pihak google adsense saja yang lebih tau mengenai nilai CPC untuk tiap unit iklannya, namun untuk saat ini ada tool yang bisa kita gunakan untuk memprediksi nilai CPC, nilai CPC untuk tiap unit iklan berbeda satu sama lain tergantung dari kata kunci tertentu, salah satu tool yang sangat recomended untuk menemukan kata kunci yang memiliki nilai CPC tinggi atau lebih dikenal dengan istilah high paying keyword adalah SEMRush.
CTR (Click throught rate)
CTR adalah perbandingan dalam bentuk prosentasi untuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unik iklan adsense yang tampil. Jika iklan tampil sebanyak 100, kemudian iklan tersebut mendapatkan 1 kali klik, maka nilai CTR nya adalah : (1/100)x100%=1%. Jadi CTR yang didapat dari iklan yang tayang sebanyak 100 kali dan di klik 1 kali memiliki nilai 1%.
RPM (Revenue Per Thousand Impression)
RPM adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman/1000 yang di dapatkan dari iklan-iklanya. Contoh : publisher mendapatkan 100.000 rupiah dari 200.000 impresi akan memiliki CPM sebanyak : 100000/(200000/1000)=2000.
Estimated Earning
Estimated earning adalah perkiraan jumlah penghasilan yang kita peroleh dari iklan yang kita pasang. Nilai estimated earning adalah hasil kali antara jumlah klik dengan CPC, semakin besar CPC maka akan semakin besar pula estimated earning yang akan kita dapat.
Comments
Post a Comment